Sabtu, 25 Agustus 2012

EPL Starts..!


Musim baru, atmosfir baru, adrenalin baru.


Liga paling kompetitif sejagat raya ini akhirnya kembali dimulai. 19 tim siap mengganggu kedigdayaan Manchester City musim lalu ketika memenangi EPL di detik detik akhir pertandingan. Siapa yang paling bernafsu? Jelas kompetitor utama merka, sebutlah Chelsea, Manchester United dan kawan kawan. Melihat apa yang telah dipersiapkan para manager setiap tim sampai dengan bergulirnya pekan pertama, bukan tidak mungkin, musim ini jadi musim EPL paling seru. Enjoy..!

Sayangnya tulisan ini dibuat ketika pekan pertama telah usai, alhasil analisis pekan pertama pun dimasukkan untuk menambah bobot penilaian tiap tim untuk mengarungi musim ini. Tercatat, dalam prediksi saya, ada 6 tim kandidat juara serta 2 tim kandidat kuda hitam yang akan meramaikan EPL musim ini. Berikut ulasannya.

Manchester City
Bagaimanapun hasil pra musim dan aktivitas transfer-nya, yang namanya juara bertahan, wajib hukumnya untuk diunggulkan. Bagaimanapun Jack Rodwell tetaplah pemain yang cemerlang, namun untuk menghentikan MU dengan RvP dan Kagawa-nya pembelian itu saja tidak cukup, sudah saatnya mencari alternatif bagi David Silva, Yaya Toure serta Sergio Aguero (yang mengalami cedera di pekan pertama) untuk mengatasi masalah utama City yaitu sulitnya mencari pemecah kebuntuan. Buktinya jelas, andai saja Dzeko dan Aguero tidak mencetak gol di laga terakhir musim lalu,akankah City se-dipertimbangkan ini?
Kartu As? Roberto Mancini dan otaknya. Kombinasi meredam ego pemain dengan skill di atas rata rata mutlak sangat dibutuhkan.

Manchester United.

Sir Alex jelas ingin mencari momentum untuk mengakhiri karirnya dengan cara yang baik. Gelar EPL tentunya. Bukti terlihat jelas di aktivitas bursa transfer MU musim panas ini. Pembelian Shinji Kagawa dan Robin van Persie adalah bukti nyata Fergie butuh secepatnya meraih gelar lagi. Tradisi mencari bintang muda untuk diorbitkan seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, Chicarito, praktis hanya ada pada diri Nick Powell.  Probabilitas juara tetap terbuka lebar walaupun tersandung oleh Everton di pekan pertama. Beberapa kemungkinan penghalang MU meraih gelar adalah blunder kiper, minim stok lini belakang dan blunder Fergie. Semoga saja Ferge tidak lagi bertindak konyol dengan memakai formasi aneh di pertandingan penting. Good luck Fergie’s babes!

Chelsea

Mengakhiri musim di peringkat 6 jelas mimpi buruk bagi Frank Lampard cs. Tapi suka tidak suka, mereka mengakhiri musim sebagai Champions of Europe. Juara Liga Champion. Gelar tersebut cukup untuk menjadikan mereka unggulan musim ini. Lupakan hasil pra musim Chelsea, lihat bagaimana 2 pertandingan awal EPL mereka sapu bersih secara meyakinkan.  Konsistensi penampilan jelas akan membawa mereka kepada gelar yang sempat luput dari genggaman. Beberapa poin penting yang harus diwaspadai The Blues jelas sang pelatih mereka sendiri, Roberto Di Matteo. Rawannya pemecatan di tengah musim seperti yang diterima AVB akibat inkonsistensi di tengah guliran liga jelas sangat mengancam. Apalagi sentimen negatif “lucky Roberto” dalam meraih Liga Champion musim lalu. Di sisi lain, hadirnya rudal-rudal baru seperti Eden Hazard, Oscar serta Marko Marin akan semakin memudahkan Juan Mata dalam menggedor pertahanan tim lawan. Will the blue flag keep on flying high? Just see then.

Arsenal

Well, membuka musim dengan kabar buruk hilangnya kapten mereka Robin van Persie serta kompratriotnya Alex Song, tak elok nampaknya jika para fans The Gunners larut dalam kesedihan. Memang Arsenal telah menghadirkan Lukas Podolski, Oliver Giroud serta Santi Cazorla musim panas ini, namun semua pasti sadar jika otak wenger ditambah skuad sekarang saja tidak cukup untuk membawa Arsenal ke jalur juara. Butuh setidaknya 2-3 amunisi anyar dengan nama besar untuk setidaknya menakut-nakuti Chelsea dan duo Manchester. Andai tidak ada lagi amunisi baru, nampaknya fans arsenal harus kembali bersabar untuk mencicipi gelar kembali. Menjadi pelengkap 4 besar, masuk liga champion mungkin capaian realistis bagi mereka.

Liverpool

Sulit rasanya melupakan The Reds dalam persaingan juara walapun secara historis dalam beberapa tahun terakhir mereka mengalami masa masa kelam. Hadirnya Brendan Rodgers serta pembelian pembelian yang cukup signifikan dipercaya dapat membuat Liverpool menjadi lebih tangguh dari sebelumnya. Joe Allen dan Fabio Borini adalah 2 nama amunisi muda The Anfield’s Gank yang dipercaya Brendan Rodgers untuk menaikkan kembali nama besar Liverpool. Masih harus menunggu sampai akhir penutupan jendela transfer untuk memastikan apakah Liverpool dapat berbuat banyak musim ini. Andai saja Nuri Sahin dan Clint Dempsey berhasil didatangkan, 4 besar bukan tidak mungkin kembali ke tangan mereka. Kartu as? Masih pada diri Luis Suarez.

Tottenham Hotspurs

Beberapa musim terakhir di tangan asuhan Harry Redknapp, Spurs menjelma menjadi raksasa menakutkan dari London Utara. Kali ini, Spurs mencoba membuat dinasti baru dengan suntikan dana segar serta pelatih baru Andres Villas Boas. Masih banyak orang percaya bahwa AVB adalah pelatih yang baik namun sayangnya tekanan di Chelsea terlalu kuat sehingga ia harus mengakhiri musim pertamanya di Stamford Bridge dengan noda buruk. Kini, dengan tim yang memiliki reputasi sedikit di bawah Chelsea, harapannya AVB bisa all out dalam membawa hasil positif bagi Tottenham Hotspurs. Gylfi Sigurdsson menjadi amunisi baru yang siap mengobati kemungkinan hengkangnya Luka Modric. Mengandalkan Kombinasi Bale – Lennon di kedua sayap ditambah sokongan Kyle Walker dan Benoit Assou Ekotto, praktis Tottenham masih Tottenham yang penuh dengan kecepatan. Sampai transfer window berakhir, Spurs tetap butuh amunisi baru untuk lebih kencang musim ini.

So, kemungkinan besar juara EPL musim ini masih akan tidak jauh dari 6 tim di atas. Namun jangan lupakan Everton dengan Marouanne Fellaini-nya serta Newcastle dengan Alan Pardew-nya. Keduanya berhasil menjungkalkan United dan Spurs di pertandingan pekan pertama. Well, selamat menikmati musim baru, atmosfir baru, serta adrenalin baru. Enjoy the season..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar